MENDENGARKAN RADIO ITU KEREN

 Radio merupakan suatu medium komunikasi, dimana pesan berupa suara diubah menjadi sinyal suara, dipancarkan dari suatu sumber (a sender) dengan antene pemancar, tanpa perangkat kabel, melalui gelombang elektromagnetik, kemudian diterima oleh antene penerima, pada pesawat penerima (a receiver), yang mengubah sinyal suara menjadi berupa suara kembali.Radio adalah suara. Suara merupakan modal utama terpaan radio ke khalayak, suara juga menjadi karakteristik radio yang membedakannya dengan media penyiaran lainnya. Radio merupakan alat komunikasi massa yang menggunakan lambang komunikasi yang berbunyi, suatu pemancar radio yang sedang in operation tidak membawa pengaruh apa – apa pada audiens atau pendengar kalau gelombang – gelombangnya tidak dimuati sesuatu yang berarti, entah itu berupa sinyal, kata – kata terucapkan maupun nada – nada, atau sesuatu yang berirama.Radio terlahir dari kebutuhan informasi publik. Dalam hal ini radio memiliki beban tuntutan publik sebagai saluran informasi dalam hubungan sosial, yang lebih berkecenderungan mengembangkan dan memajukan kebudayaan.



Radio siaran sebagai media massa, mengemban kewajiban menjadikan msyarakat well – informed akan lingkungan sosialnya. Itulah sebabnya radio sebagai institusi masyarakat harus seimbang menjalankan fungsinya. Meskipun sebagai medium, radio siaran juga menyiarkan dan persuasi komersial, namun tetap saja memiliki kewajiban sebagai pengemban informasi bagi masyarakat.

Radio siaran sebagai media masaa memilki karateristik unik dan khas, yang juga tentunya mempunyai keunggulan dan kelemahan. Dalam penyampaian pesan atau isi pernyataanya yang dikemas dalam suatu program radio mempunyai cara tersendiri yang disebut gaya radio meliputi bahasa kata-kata lisan, musik/lagu, dan efek suara, yang menjadi kunci utama identitas sebuah stasiun radio dalam menyajikan programnya untuk memikat pendengarnya. Bahasa atau kata-kata lisan yang digunakan penyiar dalam penyampaian pesannya disebabkan apa yang disebut dengan “gaya radio” atau radio style. Menurut Effendy, gaya radio siaran dapat timbul karena dua faktor yaitu Sifat radio siaran dan sifat pendengar radio. 

Zaman sekarang pun sangat mudah mendengarkan radio. Melalui fasilitas steaming kita dapat memih radio-radio di seluruh belahan dunia. Klik saja: http://radio.garden/listen/rri-pro-1/puiAvZGU


(http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/1039/3/BAB%20II%20TINJAUAN%20PUSTAKA.pdf)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UCO UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

MENAKAR EKSISTENSI SEKOLAH SATU ATAP

HASIL LOMBA PUISI #CLASSMEETING