LESTARIKAN PRENJAK JAWA (Prinia familiaris)

Burung Prenjak merupakan burung bersuara merdu yang panjang paruh hingga ekornya, kira-kira 10cm hingga 15cm. Si burung mungil ini tersebar tidak hanya di Indonesia saja lho, ada 27 jenis yang tersebar di negara-negara Asia dan Afrika.

Dari 27 jenis yang ada tersebut, 7 diantaranya bisa dijumpai di Indonesia dengan mudah. Masing-masing jenis tentu memiliki keunikan masing-masing malah bisa jadi, salah satu diantaranya sudah menjadi kesayangan di rumah.

Selain bentuk tubuhnya yang kecil dan unik, burung prenjak terkenal dengan suaranya yang merdu atau gacor. Itulah sebabnya burung kecil ini tergolong sangat populer di indonesia.



Prenjak Jawa (Ciblek)

Prenjak jawa atau ciblek mungkin menjadi jenis prenjak yang paling sering dilihat. Biasanya kedatangan burung dengan ukuran 12cm ini ditandai dengan datangnya “dayoh” atau tamu. Merawat ciblek tidaklah sulit dan tidak butuh perlakuan khusus, yang terpenting makanan harus diperhatikan. Jika burung hasil tangkapan, jangan langsung diberi pur, berikan serangga-serangga kecil seperti belalang atau kroto akan lebih cocok.

Nama ilmiahPrinia familiaris, FamiliCisticolidaeKelasAves, FilumChordata, SpesiesP. familiaris, OrdoPasseriformes

(https://hewanee.com/burung-prenjak/) (https://id.wikipedia.org/wiki/Perenjak_jawa)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UCO UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

MENAKAR EKSISTENSI SEKOLAH SATU ATAP

HASIL LOMBA PUISI #CLASSMEETING