IKUTI PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH, GIATKAN LITERASI BAGI GURU

Guru Satap bersama dengan ratusan guru di Jateng dan sekitarnya secara antusias mengikuti Pelatihan Penulisan artikel di media massa. Pelatihan ini dilaksanakan oleh SangPengajar.com, kerjasama dengan KLG dan Jateng Pos.



Kegiatan ke-16 tersebut diikuti 300 peserta dari berbagai jenjang mulai dari SD hingga SMA/SMK . Kegiatan dilaksanakan secara virtual mulai Minggu(20/2 ) dan Minggu(28/2).

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Jateng Pos Bejan Syahidan, Ketua KLG Jateng Tukijo dan Owner SangPengajar.com Agus Dwianto, M.Pd serta ratusan peserta.



Meski digelar secara virtual, nyatanya antusias peserta cukup tinggi. Hal tersebut yang mendorong SangPengajar terus bergerak memfasilitasi pelatihan. Selaras yang disampaikan Agus Dwianto bahwa selama ini sudah ribuan guru mengikuti pelatihan yang digelarnya.

“SangPengajar sejak 2018 menggelar pelatihan menulis semacam ini. Dulu luring sudah beberapa angkatan. Pesertanya pun sudah ribuan,” ujar Agus kepada Jateng Pos.



Kegiatan pelatihan penulisan ini menjadi bukti bahwa di lapangan para guru sudah mulai bergerak. Khususnya pada kemampuan penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah yang dibuat tetap mengacu kepada syarat dan ketentuan di PermenPAN RB 16 tahun 2009 dan buku 4 serta buku 5 PKB. Kendati demikian, menulis di media sebenarnya menjadi bukti kemerdekaan menulis.

Sementara itu, Direktur Jateng Pos Bejan Syahidan memberikan motivasi kepada ratusan peserta. Menurutnya Jateng POs selama ini konsisten membantu para guru di Jawa Tengah, bahkan dari provinsi lain untuk menulis di media massa.

“Sebenarnya, tulisan guru selama ini sudah bagus, hanya saja perlu diperhatikan penggunaan tanda baca, dan panjang pendek tulisan. Kaidah jurnalistik tetap mengacu pada tata bahasa baku bahasa Indonesia. Nah, harapannya artikel yang terbit nanti bisa menjadi bukti publikasi ilmiah dan bisa dinilai angka kreditnya,”tegas Bejan Syahidan.

Tukijo, yang hadir sebagai nara sumber pelatihan menekankan, pentingnya memahami kaidah jurnalistik. Guru sebagai profesi, harus mau menulis di media massa. Tugas berikutnya adalah sebagai guru sekaligus penulis, bisa memahami kaidah dan selingkung penulisannya. Selama ini, sudah banyak artikel guru bertebaran di Jateng Pos. Hal itu menjadi bukti bahwa geliat menulis sudah mulai tumbuh.

“Para guru harus memahami karakteristik media. Jangan mudah putus asa saat mengirim artikel ke koran tapi belum tayang. Nah, guru harus mengangkat topik atau isu yang menarik di masyarakat. Jika artikel guru untuk angka kredit maka topiknya harus terkait materi pembelajaran. Sedangkan untuk kepala sekolah terkait 3 tugas pokok kepala sekolah. Pun bagi dosen, mestinya terkait tri darma perguruan tinggi,” Tandas Tukijo.

Artikel karya guru nantinya akan ditayangkan setiap hari di Jateng Pos. Bukti koran tayang akan dikirim ke alamat penulis, sebagai bukti publikasi ilmiah guna syarat PAK tahunan.

https://jatengpos.co.id/300-guru-antusias-ikut-pelatihan-menulis-artikel/arif/)

dari Jateng Pos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UCO UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

MENAKAR EKSISTENSI SEKOLAH SATU ATAP

HASIL LOMBA PUISI #CLASSMEETING