KEPALA DINAS DIKBUD DAN KETUA KOMISI IV DPRD JADI NARASUMBER SEMINAR PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SATAP BOROBUDUR

 Bertempat di Aula Garuda Menoreh SMPN 3 Satap Borobudur, Senin 14 Maret 2022 diselenggarakan Seminar Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Dikbud ini diikuti oleh siswa-siswa kelas VII, VIII dan IX.  Acara dimulai pukul 08.00 dibuka oleh Ketua Korwil UPT Pendidikan Kec Borobudur Dwi Waluyo, S.Pd. MM. Pd.



Selain itu hadir pula Kepala Desa Majaksingi sekaligus Ketua Komite Sekolah Sutrisno, S. Pd.I dan Wakil Ketua Komite T Sutimin, S. Pd. Mereka berdua merupakan tokoh pendiri Satap Borobudur. Acara yang dipimpin oleh MC Dwi Purwanto, S. Pd ini diawali dengan Lagu Indonesia Raya. Menjadi dirigen adalah Khusnul Khotimah siswa kelas IX. Upacara pembukaan di akhiri dengan doa oleh Waljimu, A. Ma. Pd.



Tampil sebagai narasumber pertama adalah Drs. Amron Awaludin. Kepala SMPN 2 Bandongan ini tampil energik dan menginspirasi para siswa. Pak Amron dengan gayanya yang sangat bersemangat memberikan materi tentang profil pelajar Pancasila. Suasana menjadi sangat hidup karena Pak Amron pandai mengatur ritme seminar. Dalam paparannya beliau menjelaskan pentingnya nilai-nilai PPP dalam diri setiap siswa sebagai bekal dimasa depan.

H Syukur Achadi menjadi narasumber kedua dengan tema Pendidkan karakter. Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang dari FPKB ini betapa pentingnya karakter diatas keterampilan dalam dunia kerja. Beliau juga memotivasi siswa agar memiliki cita-cita. Acara yang dipandu moderator Ratna Titi Wlandari, M. Pd. ini menambah keseruan seminar.

Wuryanto Puji Siswoyo, sebagai Wakasek tampil ketiga menyampaikan materi Penerapan PPP di sekolah. Beliau tidak mau kalah dengan pembicara sebelumnya juga menyampaikan materi dengan menarik. Profil Pelajar Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama di sekolah. Ada 6 nilai yaitu bertaqwa, beriman kepada Tuhan YME dan berahlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis, kreatif dan gotong royong.

Sebagai penutup, pemateri terakhir adalah Azis Amin Mujahidin, M. Pd. Menyampaikan materi Nasionalisme dan bela negara beliau berpesan tenatng pentingnya semangat nasionalisme dan bela negara. 

Acara ini dapat berlangsung dengan baik berkat kerja sama yang sangat baik antara Guru-guru SMP, TU, OSIS dan didukung oleh guru-guru SD Satap.





















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

UCO UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

MENAKAR EKSISTENSI SEKOLAH SATU ATAP

HASIL LOMBA PUISI #CLASSMEETING