SEKOLAH TOLERANSI SATAP BOROBUDUR ADAKAN PESANTREN RAMADHAN DAN BINA ROHANI

Dalam rangka meningkatkan ketaatan siswa dalam beribadah sesuai dengan visi sekolah dan mewujudkan siswa yang taqwa sebagaimana tujuan dari profilmpelajar Pancasila maka sekolah memprogramkan kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 25 April 2022 di Kampus Kerugmunggang. Yang unik adalah karena tagline sekolah ini adalah sekolah toleransi maka ada dua kegiatan keagamaan yang dilaksanakan. Bagi siswa muslim mengikuti Pesantren Ramadhan sedangkan siswa Nasrani mengikuti Bina Rohani.


















Waljimu selaku Takmir Musala Al Ikhlas menjelaskan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini ada beberapa agenda yang dilakukan pembimbingan di dalamnya secara inklusif. Artinya dalam setiap kegiatan tersebut diselipkan nilai-nilai yang ditanamkan mengapa dilakukan acara tersebut.

Kegiatan Pesantren Ramadhan terdiri atas Pembukaan oleh Wakasek Wuryanto Puji Siswoyo, Zakat Fitrah, Sholat Duha, Tadarus Al Quran, Materi Keagamaan dan Sholat Duhur berjamaah.

Zakat Fitrah diampu oleh Waljimu, A. Ma. Pd dibantu siswa-siswa kelas 9 yang digawangi oleh Rizky Haryanto Hartono selaku Ketua OSIS. Tahun ini pengumpulan zakat dapat emngumpulkan 83 paket zakat 2,5 kg beras. Penyaluran kepada siswa kurang mampu dan Masjid lingkungan sekitar. Prosesi zakat diawali penyerahan zakat oleh muzakki dan dipimpin doa oleh Ustaz.

Sementara Sholat Duha dipimpin oleh Dwi Purwanto, S. Pd. dan Waljimu, A. Ma. Pd. Pembimbing memberi pengarahan tentang tata cara dan fadilah Sholat Duha. Acara Tadarus Al Quran dipandu oleh para Guru dan TU. Sementara itu Ratna Titi Wulandari, M. Pd. mengisi materi keagamaan sebelum sholat Duhur.





Kegiatan Bina Rohani yang diikuti oleh siswa Nasrani di adakan diruang yang berbeda dengan materi Lagu Rohani, AlKitab, Pemutaran Film dan Games. salah satu pemateri, Wujadi mengatakan mengapresiasi kegiatan sekolah ini karena dapat lebih meningkatkan keimanan para siswa..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UCO UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

MENAKAR EKSISTENSI SEKOLAH SATU ATAP

HASIL LOMBA PUISI #CLASSMEETING